THIS IS ME

....just enjoy d'blog...

Makan Cokelat Cegah Serangan Jantung

Untuk mengantisipasi serangan jantung mungkin ada baiknya mulai mengonsumsi cokelat setiap hari. Begitu kira-kira hasil studi terbaru tim peneliti Jerman yang menyebutkan risiko terkena serangan jantung setidaknya berkurang 40 persen jika mengonsumsi cokelat dalam dosis rendah. Sedikitnya 20.000 orang diteliti selama 8 tahun. Hasilnya, orang yang mengonsumsi rata-rata 6 gram cokelat setiap hari risiko terkena serangan jantung atau stroke turun 39 persen. Hasil studi yang dipublikasikan European Heart Journal, Rabu (31/3), menyebutkan, pada studi sebelumnya disebutkan dark chocolate dalam dosis rendah justru baik bagi kesehatan. Para ahli menduga kandungan, flavonol di dalam cokelat itulah yang menjadi ”kunci rahasianya”. Kandungan flavonol yang juga ditemukan di sayur-sayuran dan anggur merah membantu jaringan otot di pembuluh darah melebar yang kemudian bisa menurunkan tekanan darah. ”Terlalu awal untuk merekomendasikan agar semua orang mengonsumsi lebih banyak cokelat. Tetapi, jika orang mengganti gula atau makanan ringan dengan kadar lemah rendah dengan sepotong dark chocolate, itu bisa saja berguna,” pakar nutrisi Brian Buijsse di German Institute of Human Nutrition in Nuthetal, Jerman. Namun, kalangan dokter mengingatkan jika terlalu banyak mengonsumsi cokelat justru berdampak negatif pada tubuh karena akan terjadi kegemukan dan kegemukan itu justru faktor risiko terbesar serangan jantung dan stroke. ”Ini bukan anjuran untuk memakan cokelat lebih banyak,” kata pakar obat-obatan di University of Colorado dan Ketua Asosiasi Jantung AS, Robert Eckel. Pakar nutrisi di Tufts Univesity School of Medicine, Alice Lichtenstein, mengaku masih sangat sulit untuk mengakui kebenaran bahwa cokelat bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke karena kondisi kesehatan setiap orang akan berbeda-beda. (AP/LUK)

sumber : www.kompas.com

4 komentar:

Nadya Chaerunnisa 8 April 2010 pukul 02.49  

yaaa...wita. nadya kan udah seneng, tapi bener juga sih. karena selama ini dampak negatifnya banyak jika mengkonsumsi cokelat terlalu banyak..

tapi sekali-kali boleh kan??

WitafuLLy 12 April 2010 pukul 06.52  

iya nad gak nyangka coklat yang katanya selain nyembuhin mood yang jelek ternyata bisa ngurangin penyakit jantung juga ya...

boleh lah nad duakali tigakali juga boleh kok

Anonim 15 April 2010 pukul 23.13  

coklat bagus, tapi susu yang bikin gemuk
makannya makan yang coklat aja jangan yang milk coklat

WitafuLLy 21 April 2010 pukul 06.09  

jiahhh raja coklat dateng
eh raja apa ratu yaaa????meragukan wkwkwkw

piss ambar makasih komennya yaaa

Posting Komentar